Marine Inside

Beranda » Uncategorized » 8. CARGO HANDLING EQUIPMENT ON BOARD TANKER

8. CARGO HANDLING EQUIPMENT ON BOARD TANKER

Gambaran Umum Kapal Tanker

Kapal tanker ialah kapal yang dirancang untuk mengankut minyak atau produk turunannya. Jenis utama kapal tanker termasuk tanker minyak, tanker kimia, dan pengangkut LNG.

Di antara berbagai jenis kapal tanker, supertanker dirancang untuk mengangkut minyak sekitar Afrika dan Timur Tengah.

Supertanker Knock Nevis adalah pengangkut terbesar di dunia.Di samping mengangkut pipa saluran, kapal tanker juga kendaraan untuk mengangkut minyak mentah, yang kadang-kadang dapat menimbulkan malapetaka lingkungan akibat tumpahan minyaknya ke laut. Untuk malapetaka yang terkenal yang diakibatkan oleh kapal tanker, lihat Torrey Canyon, Exxon Valdez, Amoco Cadiz, Erika, Prestige.

Berikut adalah pengelompokan kapal tanker menurut kapasitasnya:

  • ULCC (Ultra Large Crude Carrier), berkapasitas 500.000 ton
  • VLCC (Very Large Crude Carrier/Malaccamax), berkapasitas 300.000 ton
  • Suezmax, yang dapat melintasi Terusan Suez dalam muatan pnuh, berkapasitas 125.000-200.000 to
  • Aframax (Average Freight Rate Assessment) berkapasitas 80.000-125.000 ton
  • Panamax, yang dapat melintasi pintu di Terusan Panamá, berkapasitas 50.000-79.000 ton.

MODERN TANKER

Piping System

Manifold Tanker

Loading Arm

Cargo Handling Equipment

  1. Cargo Pump
  2. Piping System dan Cargo Line
  3. Tank venting System
  4. Tank heating System
  5. Tank Cleaning
  6. Inert Gas System

Cargo Pump Room

Cargo Pump room umumnya terletak dibagian depan bawah superstructure terpisah dengan kamar mesin. Ruangan ini digunakan khusus untuk cargo pump yang terpisah dengan pompa – pompa lainnya.
Deep Well   Pump
Submerged Cargo Pump
Submerged Cargo Pump umumnya digunakan pada Chemical Tanker dengan penenpatannta 1 buah submerged pump untuk setiap tangki muatan.Kapasitas pompa bervariasi antara 50 sampai dengan 2,000 m3/jam.
Diagram Pumping System
Stripping

Stripping adalah kegiatan pemompaan sisa – sisa cairan dalam tangki yang tidak dapat terhisap bila menggunakan pompa biasa.

Cargo Tank Level

Prinsip kerja cargo tank level adalah melalui sensor tekanan yang dipasang pada kabinet . Dari cabinet udara konstan mengalir melalui pipa pengukuran langsung ke tangki. Sensor mengukur tekanan hidrostatik untuk kemudian diterjemahkan menjadi tinggi cairan dalam tangki.
Tank Heating System

Kegunaannya adalah untuk mengendalikan suhu muatan sesuai persyaratan. Umumnya menggunakan media air.

Tank Cleaning Equipment

Inert Gas System

Peralatan ini digunakan untuk menghasilkan inert gas yang dimasukkan kedalam tangki muatan.

Loading Computer

Digunakan untuk menghitung  :

  • loading calculations, hydrostatics
  • intact stability
  • longitudinal strength.
  • Damage stability

By : D.Ricardo


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: